Pesantren Muda-Mudi Menjelang Tahun Baru 2011

image

DPD LDII Kabupaten Kudus dalam mengisi liburan tahun baru 2011 dan liburan sekolah akhir semester gasal  mengadakan pesantren kilat. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Desember 2010 sampai dengan 01 Januari 2011 dengan tema “Membentuk Karakter Bangsa Melalui Peningkatan Imtaq dan Jiwa Kepemimpinan Generasi Muda”.

Dengan mengacu pada tema tersebut, materi kegiatan yang diberikan adalah Pengkajian Hadits Shohih Muslim Juz 4 selama 3 hari yaitu pada tanggal 29-31 Desember 2010 dan dilanjutkan dengan outbound malam tahun baru 2011.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 200 orang putra dan putri generasi muda LDII Kabupaten Kudus. Mayoritas dari peserta yang ikut adalah para pelajar yang sedang dalam masa liburan akhir semester, sehingga tidak mengganggu proses belajar mereka di sekolah.

Pada saat acara outbound peserta di kelompokkan menjadi 10 kelompok (5 putra dan 5 putri) dengan jumlah anggota kelompok masing –masing antara 15-20 Orang. Rute yang dilalui sejauh 3 km dan mengambil lokasi di sekitar masjid Baitul Qudus Panjang Bae Kudus. Lokasi merupakan daerah perkebunan tebu dan area persawahan warga. Karena jarak yang cukup dekat, peserta saat perjalanan ditutup penglihatanya dan dibuka saat sampai di pos outbound.

Panitia telah menyiapkan  4 Pos untuk menguji mental, teamwork, inisiatif   dan kepemimpinan masing masing peserta. Di Pos Pertama Peserta dihadapkan pada permainan atur strategi dan kepemimpinan yaitu mengisi ember dengan air melalui cawukan yang harus melewati semua anggota kelompok. Di Pos Kedua peserta di berikan pertanyaan yang tidak terduga hal ini untuk melatih kepekaan peserta terhadap lingkungan sekitar, misalnya “berapakah jumlah anak tangga di masjid baitul qudus?” (anda tahu?,,,wkwkwk). Di lanjutkan di pos ketiga peserta di hadapkan pada permainan ranjau darat, disini peserta dilatih atur strategi dan kerjasama tim, mereka harus saling mengingatkan mana- mana saja yang ada ranjaunya, sehingga anggota tim yang terkena ranjau bias minimal. Dan di pos terakhir, peserta di haruskan untuk  berkreasi membuat pertunjukan yang akan di tampilkan saat api unggun.

Namun karena kondisi hujan, acara api unggun di tiadakan. Acara malam di lanjutkan dengan materi motivasi diri oleh Ir. Jalal Wahyudi dan di sempurnakan dengan renungan malam oleh Ustadz Anas Sugiyanto. Rangkaian acara tersebut berakhir pukul 02.00 WIB dini hari degan sholat malam oleh masing-masing peserta.

Pagi harinya peserta melakukan kebersihan lingkungan dan pulang bersama-sama dengan membawa sejuta kenangan dan sejuta motivasi di dalam dirinya .

Sumber:   humas dpd ldii kab kudus

Mon, 14 Feb 2011 @18:36


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Selamat Datang di LDII Kudus
image

DPD LDII Kabupaten Kudus


Website resmi LDII Kabupaten Kudus, Alamat sekretariat : Mlati Kidul No 54 RT03/RW03, Kec Kota, Kab Kudus 59319. Telp (0291) 435825, Email : dpd@ldii-kudus.com, Facebook : ldiikudus, Twitter : ldiikudus, Instagram : ldii_kudus
Foto Sepeda Sehat LDII
Komentar Terbaru
Berbagi Rasa
Pengunjung

hit counter code

Jalinan Teman

Data Pengunjung

Admin