Seminar Nasional "Peran Empat Konsensus Nasional Dalam Menghadapi Proxy War dan Radikalisme" oleh DPW LDII Jateng

image

DPW LDII Jawa Tengah menggelar Seminar Nasional dengan tema  "Peran Empat Konsensus Nasional Dalam Menghadapi Proxy War dan Radikalisme" pada hari Sabtu 30 Mei 2015 bertempat di Wisma Perdamaian Semarang.

Sekitar 300 peserta seminar yang terdiri dari perwakilan dari DPD LDII Kabupaten / Kota Seluruh Jawa Tengah, termasuk juga DPD LDII Kabupaten Kudus yang dihadiri oleh Pembina DPD Ir. Suhardi, Ketua DPD Marjono S.Pd, Sekretaris Irawan Amd serta dari  Unsur Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan.

Rangkaian acara seminar diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan doa bersama untuk kelancaran acara.

Pembukaan oleh Ketua DPW LDII Jateng Prof DR H Singgih Tri Sulistiyono, M Hum dilanjutkan sambutan dari Ketua DPP LDII Prof DR Ir KH Abdullah Syam, MSc. Sambutan juga diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, SH,M.IP sekaligus membuka secara resmi seminar ini. Pembicara inti oleh Staf Ahli Panglima TNI Bidang Hukum Internasional Mabes TNI Mayjen TNI Erro Kusnara, S.IP mengenai deradikalisme.

Pembicara Seminar pada sesi panel pertama yaitu Prof Dr Irfan Idris NA (Direktur Deradikalisasi BNPT), Prof DR H Singgih Tri Sulistiyono, M Hum (Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Tengah), Mayor CAj Drs Isa Anshori, M.Ag. (Biro Bintal Kodam IV Diponegoro) dan AKBP Moh Toha (Binmas Polda Jateng). Diskusi panel yang dilengkapi dengan sesi tanya jawab tersebut ditutup oleh Ketua DPW LDII Jateng.

Setelah istirahat, shalat dan santap siang, sesi kedua untuk diskusi panel sesi kedua dimulai kembali. Pembicara diskusi kedua diantaranya KH Daroji (ketua MUI Jawa Tengah), DR Sulistyo (anggota Dewan Perwakilan Daerah RI) dan dari Kementrian Agama RI. 

Seminar ini memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat pada empat konsensus nasional. Empat Konsensus Nasional ini merupakan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri dari :

1. Pancasila, sebagai landasan ideologi dan dasar negara yang menjadi jiwa dalam mengispirasi seluruh pengaturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,

2. Undang-Undang Dasar 1945, sebagai landasan konstitusional bangsa Indonesia yang menjadi dasar hukum bagi setiap peraturan perundang-undangan di bawahnya,

3. Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai bentuk negara yang dipilih sebagai komitmen  bersama yang merupakan pilihan tepat untuk mewadahi kemajemukan bangsa,

4. Bhineka Tunggal Ika, sebagai semboyan negara yang merupakan modal untuk bersatu,

Ormas Islam di Indonesia harus memposisikan peran, fungsi, dan tanggungjawabnya secara tepat sesuai degan empat konsensus nasional tersebut. Dalam menjalankan kehidupan beragama harus beriringan dengan empat hal tersebut.

Di akhir setiap diskusi, para pembicara mendapatkan cindera mata dari LDII. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar hingga berakhir pada pukul 15.15 dan secara resmi ditutup oleh ketua DPW LDII Jateng.

 

 

Sun, 31 May 2015 @12:53


1 Komentar
image

Tue, 2 Jun 2015 @15:02

Than must ira

Untuk menangkal radikalisasi perlu adanya bekal ilmu sebagai bentuk deradikalisasi kepada generasi muda islam terutama ilmu yg bersumber dari Al Qur'an dal Al Hdits


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+5+9

Selamat Datang di LDII Kudus
image

DPD LDII Kabupaten Kudus


Website resmi LDII Kabupaten Kudus, Alamat sekretariat : Mlati Kidul No 54 RT03/RW03, Kec Kota, Kab Kudus 59319. Telp (0291) 435825, Email : dpd@ldii-kudus.com, Facebook : ldiikudus, Twitter : ldiikudus, Instagram : ldii_kudus
Foto Sepeda Sehat LDII
Komentar Terbaru
Arsip
Berbagi Rasa
Pengunjung

hit counter code

Jalinan Teman

Data Pengunjung

Admin