Aparat Tak Bermaksud Susahkan Pengendara

image

KUDUS  - Satuan Lalu Lintas Polres Kudus menegaskan tidak bermaksud mempersulit warga, terkait kewajiban pemakaian helm untuk pengendara motor termasuk anak-anak. Penindakan terhadap pelanggaran ketentuan tersebut yang akan dimulai 1 Maret mendatang, diyakinkan tetap memperhatikan kondisi di lapangan.

Kasat Lantas Polres Kudus, AKP Cahyo Widyatmoko mengemukakan, alasan mendasar mengapa regulasi itu diterapkan yakni karena banyaknya korban anak-anak yang menjadi korban kecelakaan. "Kebijakan tersebut diharapkan dapat mengurangi potensi jatuhnya korban jiwa," katanya.

Sebelum menerapkan ketentuan tersebut, pihaknya juga sudah mengupayakan pemahaman kepada warga. Teknisnya, petugas setiap pagi mendatangi sejumlah sekolah dasar untuk memberikan penyuluhan langsung kepada orang tua yang mengantarkan putra-putrinya ke sekolah. "Sasarannya memang pembonceng anak-anak baik SD maupun SMP," ungkapnya.

Kesan yang selama ini muncul yakni mereka belum wajib menggunakan helm. Padahal, musibah tidak membedakan apakah pengendaranya anak-anak atau orang dewasa. "Sekitar sebulan terakhir kami sudah melakukan penyuluhan, dan saatnya melakukan penindakan," ujarnya.

Bahkan, penyuluhan tidak hanya dilakukan oleh anggota Polres saja. Saat melibatkan kegiatan tersebut, pihaknya juga melibatkan unsur sekolah termasuk tokoh pendidikan di Kota Keretek. Tujuannya, agar masing-masing komponen mempunyai pemahaman yang sama terkait hal itu. "Semua sudah kami upayakan sebelum ketentuan untuk penindakan dilakukan," ujarnya.

Hanya saja, pihaknya kembali meyakinkan hal tersebut tetap mempertimbangkan kondisi di lapangan. Salah satunya, terkait siapa yang wajib menggunakan helm. Sesuai ketentuan, memang semua pengendara wajib menggunakan helm. Hanya saja, misalnya untuk bayi tentu tidak diberlakukan ketentuan itu.

Sumber www.suaramerdeka.com

Fri, 1 Mar 2013 @09:29


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Selamat Datang di LDII Kudus
image

DPD LDII Kabupaten Kudus


Website resmi LDII Kabupaten Kudus, Alamat sekretariat : Mlati Kidul No 54 RT03/RW03, Kec Kota, Kab Kudus 59319. Telp (0291) 435825, Email : dpd@ldii-kudus.com, Facebook : ldiikudus, Twitter : ldiikudus, Instagram : ldii_kudus
Foto Sepeda Sehat LDII
Komentar Terbaru
Berbagi Rasa
Pengunjung

hit counter code

Jalinan Teman

Data Pengunjung

Admin